Advertisement
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan
: 1/ pertemuan
Alokasi
Waktu
: 1 x 45 menit
Standar
Kompetensi
1.
Mempraktikkan berbagai
keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung
didalamnya.
Kompetensi Dasar
1.3. Mempraktikkan keterampilan keterampilan
atletik dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi serta nilai
kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).
Indikator Indikator
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Aspek
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
|
||
1
|
Melakukan berbagai teknik dasar dalam lari jarak
pendek 100 meter.
|
V
|
||
2
|
Melakukan
Perlombaan atletik lari jarak pendek 100 meter bersama teman
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan
membina nilai-nilai disiplin, semangat, sportivitas, percaya diri dan
kejujuran.
|
V
|
v
|
v
|
A. Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan teknik dasar start dalam lari jarak pendek 100 m dengan baik.
2. Siswa dapat melakuakn teknik dasar lari
jarak pendek 100 m dengan baik.
3. Siswa dapat melakukan teknik finish dalam lari jarak pendek 100 m
dengan baik.
2. Siswa dapat melakukan perlombaan lari jarak pendek 100 m bersama temanya dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
Karakter siswa yang diharapkan :
Tanggung jawab
( responsibility )
Disiplin (Discipline)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
B.
Materi Pembelajaran
Atletik (Lari jarak pendek)
1. Teknik dasar lari jarak pendek 100 meter(cara start,cara berlari,cara finish)
2. Perlombaan lari
jarak pendek 100 meter bersama
teman dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
C.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Resiprocal
1.
Demontrasi
2. Inclusive (cakupan) j
3. Bagian dan keseluruhan
(P D. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
· Berbaris, berdoa,
presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
· Berlari
mengelilingi lapangan
. Streching
· Pemanasan khusus
lari jarak pendek dalam bentuk permainan
Permaianan
dibagi menjadi 2 tim
Permainan
menggunakan hulahup
Berlari
satu persatu dan memasuki hulahup dan kembali
Berusaaha
berlari cepat
2. Kegiatan Inti (28 Menit )
a. Ekplorasi
b. Elaborasi
c. Konfirmasi
3. Penutup ( 7 Menit )
Pendinginan, Evaluasi, berdoa.
E. Sumber
Belajar
1.
Alat k Purnomo Edy
& Dapan.(2012).Dasar-Dasar Gerak Atletik: Yogyakarta: ALFAMEDIA
F. Alat
Belajar
1. Hulahup
2. Peluit
3. Cone
Yogyakarta,
07 Maret 2015
Disahkan
|
Dibuat Oleh
|
Tag :
PENJAS,
PERANGKAT PEMBELAJARAAN
0 Komentar untuk "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMA/SMK Atletik"