Macam-Macam Cidera Lutut

Advertisement


Cidera pada lutut sering terjadi pada seorang atlet. Banyak yang frustasi karena cidera pada lutut ini tidak kunjung sembuh dan bahkan mengalami kambuhan saat melakukan aktifitas ataupun saat latihan. Sebelum mengetahui bagaimana cara penyembuhan lutut yang harus anda ketahui adalah macam –macam cidera yang sering terjadi pada lutut.
            Macam-macam cidera lutut yang sering terjadi diantaranya adalah :
1.    Dislokasi
jenis dan macam cidera pada lututCidera ini adalah cidera yang mungkin  paling sering anda dengar, dislokasi ini dapat diartikan bergesernya tulang dari posisi yang seharusnya ke posisi yang tidak semestinya. Dislokasi sendi lutut biasanya dapat dilihat dengan kasat mata. Karena terjadi perubahan bentuk anatomi sendi yang tidak semsetinya. Pergeseran tulang bisa terjadi pada tulang patela dll.

2.    Strain
Cidera ini adalaha cidera yang paling sering terjadi pada orang yang melakukan aktifitas berat pada sendi lutut. Cidera strain ini adalah cidera yang terjadi pada otot/ligament pada sendi lutut. Strain disini dapat dikategorikan menjadi 3 level diantaranya adalah :
1)    Level satu
Pada level ini cidera akan sembuh sendiri, penderita ahnya mengalami sedikit rasa nyeri dan berjalanya watu dengan istirahat akan mengalami penyembuhan dengan cepat.
2)    Level dua
Cidera level ini terjadi sebagian / sedikit robek pada otot/ ligament pada jaringan. Sehingga menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Pada level ini diperlukan istirahat danproses pemulihan yang lebih lama dibanding pada level satu.
3)    Level tiga
Pada level ini terjadi kerusakan pada otot/ligament pada sendi lutut. Kerusakan pada otot/ligament sudah mengalami putus semua. Cidera ini membuat hilangnya tenaga. Dan membuat rasa nyeri yang sangat hebat. Penyembuhan pada level ini harus dilekukan reconstruksi atau dilakukan pembedan oleh dokter ahli.
Sedangkan pada sendi lutut terdapat beberapa Ligament yang membantu mobilitas gerak diantaranya adalah : ACL.PCL.LCL.MCL.
3.    Sprain
Cidera ini hampir sama dengan cidera strain, namun pada cidera ini yang terjadi kerusakan pada tendon pada.


 
4.    Kekurangan dan Kelebihan Cairan
Kekurangan dan kelebihan cairan ini sering terjadi pada orang tua. Kekurangan maupun keleibihan cairan sinovial ini dapat menyebabkan rasa nyeri pada sendi.




Tag : KESEHATAN
0 Komentar untuk " Macam-Macam Cidera Lutut"

Back To Top