4 Tips Penyembuhan Cidera Lutut Pada Ligament ACL

Advertisement



4 Tips Penyembuhan Cidera Lutut Pada Ligament ACL
Cidera ini adalah cidera yang paling ditakuti oleh sebagian atlet, karena dapat mengubur mimpi para atlet untuk meraih prestasi. Cidera pada ligament ACL ini sering bterjadi pada seorang altel yang melakukan gerakan eksplosif, cidera ini sering terjadi saat melakukan gerakan secara tiba tiba dan merubah arah gerakan. Penyebab lain Dari cidera ini biasanya adalah faktor berat badan yang membuat sendi lutut bekerja lebih keras. Kerusakan pada ligament ini sangat membahayakan dibanding dengan ligament lainya seperti MCL dan LCL karena pada ligament tersebut dapat secara alamiah terjadi penyembuhan melakukan reconstruksi secara alami jika terjadi kerusakan berbeda dengan ligament ACL ligament ini adalah ligamnet yang hanya satu kali diciptakan dan diproduksi oleh tubuh manusia dan tidak terjadi pembuatan ligament jika terjadi kerusakan ligament atau pun putus pada ligament ACL. Untuk kerusakan ini tetap dibagi menjadi tiga level kerusakan. Penyembuahan pada cidera ini setelah terjadi cidera konsepnya sama dengan cidera yang lain. Dengan mengunakan konsep RICE.
penyembuhan cidera ligament acl

 4 tips yang anda bisa lakukan untuk proses penyembuhan adalah :
1.    Pastikan cidera yang terjadi pada ligament anda. Ataukah ligament LCL.PCL atukah LCL. Dan level kerusakan yang terjadi pada ligament anda
2.    Istirahatkan sendi lutut dari pergerakan-pergerakan yang menganggu proses penyembuhan, usahakan sedikit mengalami pergerakan, untuk proses pemulihan jaringan. Untuk mencegah pergerakan bisa dilakukan gip ini adalah tindakan yang paling efektif dan yang sering dilakukan oleh para atlet. Ccara lain untuk menjaga mobilitas gerak dengan pembalutan dengan tensokrip. Tensokrip ini biasanya sering dikenal sebagai perban yang berwarna coklat dan elastis, namun tensokrip berbeda halnaya dengan perban.Mencegah pergerakan sendi dapat juga dengan Mitela kain segitiga yang sering kita jumpai di alat P3K. Masa injury ini biasanya selama 6 minggu.
3.    Konsumsi makanan yang baik. Untuk proses penyembuhan ligament harus mengkonsumsi makanan yang baik. Makanan yang mengandung vitamin, protein, kalbohidrat dan lemak harus dionsumsi secara berimbang, namun untuk proses penyembuhan lebih cepat dianjurkan menonsumsi makanan yang mengandung Omega 3 dan Kolagen, untuk Omega 3 banyak terdapt pada ikaan salmon dan tengiri. Sedangkan cakar ayam, kulit sapi adalah makanan yang banyak mengandung kolagen yang efektif pada saat penyembuhan.
4.    Masa Rehabilitasi Sendi
Setelah memasuki masa ini tergantung pada tingkat kerusakan dianjurkan untuk melakukan latihan secara bertahap untuk mengembalikan kekuatan dan rehabilitasi ligament ACL.  Prinsip anda melakukan latihan adalah dengan latihan bertahap. Jika melakukan gym yang harus anda ketahui adalah anda harus melakukan memilih beban secara bertahap. Lakukan dengan tempo pelan dengan sistem block.




Tag : KESEHATAN
1 Komentar untuk "4 Tips Penyembuhan Cidera Lutut Pada Ligament ACL"

The joint is the main structure of human movement. Degeneration of the joints deteriorate as we age.
Obat Cedera Lutut

Back To Top