Latihan Penguatan Pasca Cidera Lutut

Advertisement
Cidera lutut sering terjadi pada atlet. Saya sedikit berbagi ketika saya mengalami cidera lutut dan bermasalah dengan ligamen. Awalnya pasti berfikiran bakal  berhenti tidak olahraga berat lagi namun akhirnya dengan perjuangan dan semangat latihan lutut berangsur kembali bekerja secara normal, walau masih membutuhkan waktu untuk lebih baik. 

Sedikit info biaya bedah untuk rekonstruksi cidera pada ligamen sangatlah mahal, saya pernah melakukan observasi di sebuah rumah sakit. Biaya rekonstruksi lutut terutama rekonstruksi ligamen berkisar 40an jt, Wow dalam pikiran awal. Saya mencari berbagai info untuk menyembuhan cidera lutut saya tanpa operasi dengan bertanya kepada para dosen, fisioterapis dll. 

Namun harus dipahami dari awal jika ligamen pada sendi lutut sudah robek terlalu banyak bahkan putus jalan salah satunya adalah dengan melakukan operasi, pemilihan metode penguatan ini pasti juga tidak sesempurna dengan dilakukan pembedahan. Saya mendapat arahan teori seperti ini dengan melakuakn latihan beban jaringan yang rusak akan semakin di rusak dan tumbuh jaringan yang baru namun dengan istirahat dan asupan makan yang baik.namun harus disadari terdapat ligamen yang tidak dapat tumbuh kembali seperti ligamen ACL, PCL, jalan terbaik adalah dengan  reconstruction ligamen dengan pembedahan, namun masih ada aliran dokter yang menganggap seperti kasus acl partial tidak perlu dilakukan pembedahan, cukup dilakukan terapi,yang saya pahami penguatan ini dilakukan untuk penguatan otot-otot pada daerah sekitar cidera agar lebih kuat.
latihan penguatan lutut pasca cidera

Singakat cerita akhirnya saya memiliki program latihan untuk penguatan pasca cidera yang saya lakukan.Program berasal dari fisioterapis teman saya. Program awal yang saya lakukan adalah :
1. Program penguatan tanpa alat
Program ini hanya menggunakan berat badan kita sebagai beban tanpa tambahan beban dari luar. Banyak yang dapat dilakukan oleh orang yang cidera lutut tanpa menggunakan bantuan alat.
1) Berdiri bertumbu dengan kaki yang cidera dan menekukan lutut sambil kaki yang tidak  cidera mengarah ke beragai penjuru, 
2) Latihan dengan bangku
3) Seperti gambar diatas
3) Bersepeda statis
4) Berenang
Pilih bangku yang stabil dan kuat tidak mudah bergoyah, Posisikan kaki yang cidera diatas dan kaiki yang tidak cidera di bawah. Usahakan naik dengan tumpuan kaki yang cidera tanpa bantuan kaki yang tidak cidera, setelah naik kedua kaki ke bangku, turunkan lagi kaki yang tidak cidera dan naikan lagi dengan tumpuan kekuatan dengan kaki yang cidera.
2. Dengan alat
Latihan dengan alat ini banyak yang dapat dilakukan setelah kondisi kaki telah kuat. Prinsip latihan jangan lakukan beban terlalu maksimal, lakukan dorongan atau tarikan secara perlahan, untuk menghindarri jaringan rusak kembali. Jika terjadi rasa nteri hentikan dan istirahatlah. jangan memaksakan untuk latihan jika anda tidak mengetahui cidera apa yang anda alami, konsultasikan ke dokter atau tenaga ahli terlebih dahulu.
Oke cukup sekian lain kali akan saya tambah berbagi pengalaman saat cidera lutut untuk penyembuhan, semoga lekas sembuh.
Tag : OLAHRAGA
2 Komentar untuk "Latihan Penguatan Pasca Cidera Lutut"

bisa ane terapkan nih buat anak didik yang kemaren cedera lutut habis pertandingan gan,,,terima kasih ya
salam olahraga

This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Back To Top