Anatomi Tulang-Tulang Pada Manusia

Advertisement
Anatomi Tulang-Tulang Pada Manusia
Dalam tubuh manusia terdapat begitu banyak tulang-tulang yang membentuk tubuh, dari ujung kaki hingga ujung kepala, terdapat jenis dan nama tersendiri, secara pasti ketika manusia beranjak dewasa terdapat 300 tulang yang melekata pada tubuh manusia, untuk lebih memahami dan mengenal nama dari satu persatu tulang mari simak pembahasan dibawah..

klasifikasi tulang berdasarkan bentuk

Baca juga materi khususnya untuk persiapan SKB klik Pengertian Sendi Dan Macam Sendi

Tulang manusia dapat dibedakan berdasarkan bentuk tulang, terdapat 5 klasifikasi yang berbeda diantaranya adalah :
1. Tulang pendek
Namnya tulang pendek, pasti secara anatomi ukuran benuk tulang ini pasti pendek, ukuran tulang ini sepanjang lebar dan berbentuk dadu atau bundar, contoh tulang pendek antara lain : tulang carpal (tulang yang membentuk pergelangan tangan, tulang tarsal (tulang yang membentuk pergelangan kaki .
2. Tulang pipih
Dari namanya tulang pipih berarti dapat diketahui bahwa tulang ini berbentuk pipih, tulang ini memiliki ukuran yang sangat tipis, namun untuk tulang pipih bentuk dan ukuran sedikit berbeda dengan tulang yang lain karena memiliki variasi yang sangat banyak. Contoh untuk tulang pipih diantaranya adalah : tulang tengkorak (carnial), tulang dada (sternum), tulang belikat (scapula). Tulang rusuk (rib)
3. Tulang panjang
Tulang ini berfungsi sebagai penopang kerangka tubuh manusia, untuk contoh tulang panjang antara lain : tulang humerus, tibia, fibula, tibia, metatarsal,phalang.
Tulang humerus, uluna dan radius adalah tulang yang membentuk lengan.
Tulang femur adalah tulang paha
Tulang fibula adlah tulang pada betis
Tulang metatarsal adalah tulang pada telapak kaki
Tulang phalang adalah tulang jari-jari
Tulang metacarpal adalah tulang telapak tangan
4. Tulang tidak beraturan
Untuk tulang tidak beraturan bentuknya tidak sesuai dengan bentuk tulang yang lain, bentuknya cenderung tidak teratur tidak sesuai dengan tulang bentuk lain, Contoh tulang tidak beraturan adalah :
Tulang coccygeal adalah tulang ekor
Tulang sphhenoid adalah tulang pipi
Tulang veterbree adalah tulang belakang
5. Tulang sesamoid

Tulang sesamoid adalah tulang yang tertanam pada jaringan ikat yang menghubungkan jaringan otot dan tulang, contoh tulang ini adalah tulang pada tempurung lutut atau sering disebut patella.
2 Komentar untuk "Anatomi Tulang-Tulang Pada Manusia"
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Back To Top