Pengertian Sendi dan Macam- Macam Sendi

Advertisement

Pengertian Sendi Manusia beserta  Macam- Macam Sendi

Kembali lagi saya akan membahas tentang lanjutan materi SKB (Seleksi kompetensi bidang, untuk bahasan yang pasti keluar dalam SKB formasi guru olahraga kal iini adalah tentang sendi pada manusia, dalam sendi manusia tentunaya terdapat pengertian darri sendi tersebut, dan apa saja macam-macamnya, lagsung saja kita mulai pembahasan yang pertama tentang sendi di bawah ini.

Baca juga untuk persiapan SKB materi,  klik  Sistem Gerak Manusia : (Otot)

Pengertian Sendi
     Apa itu sendi ?
Sendi adalah penghubung antar tulang yang dapat digerakan, untuk menyatukan tulang diperlukan sendi, jadi sendi merupakan perantara/penyatu antar tulang satu dengan tulang yang lainnya, sehingga antar tulang dapat bersatu, tentunya bersatunya antar tulang ini berbeda-beda ada yang bersatu tidak bisa bergerak ada yang bersatu dapat leluasa bergerak, ini akan menjadi bahasan kita nanti dibawah dalam macam-macam sendi. Contohhnya pada lutut kita, yang menyatukan itu juga disebut sendi, namun di dalam sendi sendiri terdapat bantalan sendi yang tersusun dari tulang rawan, untuk di dalam lutut bantal sendi disebut miniscus, dan masih ada lagi komponen dalam sendi yang bertugas mengikat sendi, komponen tersebut dinamanakn ligamen, ligamen ini kuat dan lentur namun juga dapat robek atau bahkan putus, saya mencontohkan ligamen yang berada di dalam lutut contohnya liagamen ACL, PCL, LCL, MCL, mereka yang bertugas mengikat sendi di lutut agar stabil dalam bergerak.

MACAM SENDI BESERTA JENIASNYA PADA MANUSIA


Macam-Macam Sendi
Dalam menentukan macam –macam sendi masih harus dikelompokan menjadi 4 macam yaitu, macam-macam sendi berdasarkan :
1. berdasarkan strukturnya
2. berdasarkan arah geraknnya
3. berdasarkan fungsi
4. berdasarkan anatomi lokasi sendi

1.   Macam-Macam Sendi Berdasarkan Strukturnya
   Macam sendi berdasarkan strukturnya dapat dibedakan menjadi 3 diantarnaya adalah :
v Sendi Fibrosa adalah sendi yang terdiri atas serat-serat kolagen yang sebagian besar dari sendi fibrosa tidak dapat digerakkan sama sekali karna jarak antar tulang sangat dekat yang dipisahkan selapis jaringan ikat fibrosa. Sendi ini masih dapat digolongkan menjadi 3 :
·    Sutur
    Pada sendi tidak terdapat rongga pada sendi
·    Sindesmosis
    Pada persendina lebih banyak jaringan mati
·    Ghomposis
    Conttoh sendi ini adalah akar gigi yang bersendi dengan soket rahang

v Sendi Kartilaginosa/sendi tulang rawan adalah persendian yang arahnya gerakannya kurang atau terbatas. yang hubungkan oleh tulang rawan hialin. Contohnya Tulang iga. Dalam sendi ini masih dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
·      Sinkondrosis
Peserndian yang duhubungkan dengan tulang rawan hialin
·      Sinfisis
Tulang rawan yang mengisi berupa cakram tulang rawan fibrosa yang tipis

v Sendi Sinovial pada sendi sinovial terdapat ujung ronga yang terletak diantara dua ujung tulang, ronga ini disebut rongga sinovial. Pada rongga ini terdapat cairan hailauronat yang dihasilkan oleh membran sinovial yang berfungsi sebagai pelumas gerak sendi, dan membuat arah gerakannya leluasa atau bebas, sendi sinovial adalah sendi yang paling banyak pada tubuh manusia. Contohnya sikut dan lutut, bahu dan panggul, pergelangan tangan dan kaki, sendi pada tulang jari tangan dan kaki. 

2. Macam-Macam Sendi Berdasarkan Arah Gerakannya
Sendi adalah penghubung antar tulang sehingga tulang dapat melakukan pergerakan. Sendi berdasarkan arah geraknya dapat dibedakan menjadi 4, yaitu
v  Sendi Engsel adalah hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan satu arah maju atau mundur. Atau hanya bisa ditekuk dan diluruskan saja  Atau sendi yang dapat bergerak hanya pada satu arah saja, cara kerja sendi ini seperti cara kerja engsel pada pintu.  Contoh sendi engsel adalah persendian pada lutut, siku dan ada lagi pada persendian antararuas jari tangan.
v  Sendi Peluru adalah sendi dimana dapat bergerak ke segala arah.  hubungan antar tulang yang memungkinkan gerak ke segala arah. Contoh sendi peluru adalah persendian antara tulang paha dan tulang gelang panggul serta antara persendian pangkal lengan atas dan gelang bahu. 
v  Sendi Putar adalah sendi dimana salah satu tulang berputar terhadap tulang yang lainnya. Contoh sendi yang ada pada tulang atlas
v  Sendi Pelana adalah antartulang yang memungkinkan gerakan tulang ke dua arah yang saling tegak lurus seperti gerakan orang naik kuda. Sendi ini berbentuk seperti pelana kuda,  Contoh sendi pelana adalah persendian ruas telapak tangan, tulang tumit dan tulang kering. 

3. Macam-Macam Sendi Berdasarkan Sifat 
v  Sinartosis (Synarthrosis) atau Sendi mati adalah hubungan antartulang yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan, atau dengan kata lain sendi yang ditak dapat digerakankarena terbentuk dari hubungan tulang dari hubungan antar tulang yang erat, contohnya persendian pada tulang tengkorak. Dan gelang panggul.
v  Amfiartrosis (Amphiarthrosis) atau Sendi kaku adalah hubungan antartulang yang memungkinkan hanya sedikit terjadinya gerakan. Contohnya sendi kaku adalah persendian tulang-tulang pergelangan tangan, persendian tulang pergelangan kaki, dan persendian ruas-ruas tulang belakang
v  Diartrosis atau Sendi gerak adalah yaitu persendian yang memungkinkanterjadinya gerakan yang lebih bebas. Pada kedua ujung tulang yangsaling berhubungan terbentuk rongga sendi yang berisi minyak sendi(cairan sinovial). Minyak sendi dihasilkan oleh membran sinovial yangmelapisi persendian.

3. Macam-Macam Sendi Berdasarkan Anatomi Lokasi
v  Sendi artikulatoris vertebra
v  Sendi Sakroiliaka panggul
v  Sendi temporomandibular rahang
v  Sendi artikulasi Kaki
v  Sendi pinggul
v  Sendi artikulasi Tangan
v  Sendi pergelangan
v  Sendi siku
v  Sendi Bahu aksila (Glenohumeral dan sendi akromioklavikularis)
v  Sendi sternoklavikularis


2 Komentar untuk "Pengertian Sendi dan Macam- Macam Sendi"
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Back To Top