Pengertian Pendidikan Jasmani Adaptif

Advertisement

Pengertian Pendidikan Jasmani Adaptif. Pendidikan Jasmani merupakan dari pendidikan yang menggunakan media gerak untuk belajar. Namun dalam penyesuainya terdapat pendidikan jasmani adaptif. Pada dasarnya keduanya adalah sama antara pendidikan jasmani adaptif dan pendidikan jasmani biasa. Untuk mencapai suatu tujuan pendidikan tentunya harus memperhatikan proses pendidikan secara menyeluruh dan didalam proses pendidikan salah satu aspeknya adalah pendidikan jasmani. 

Sebelumnya telah saya jelaskan mengenai Pengertian Jasmani dan Manfaatnya.
Pendidikan jasmani adaptif adalah bagian dari pendidikan jasmani sendiri. sisitem pendidikan jasmani adaptif digunakan dalam pembelajaran dengan penyampaian comperhensif.  Sistem ini digunakan untuk memecahkan dan menemukan masalah pada  ranah psikomotorik siswa.
Mengapa dalam ranah psikomotorik ? Kebanyakan ABK (anak berkebutuhan khususu) lemah dan terdapat masalah dalam ranah psikomotoriknya, karaena kebanyakan ABK memiliki keterbatasan kemampuan sensorik dan belajarnya. Bahkan sebagian anak berkebutuhan khusus mengalami masalah pada proses komunikasi mereka, proses interaksi yang tidak sempurna menyebabkan tingkah laku yang diluar kewajaran. Jadi pendidikan jasmani adaptif mutlak diperlukan dalam suatu pembelajaran penjas untuk anak berkebutuhan khusus dan diharapkan penjas adaptif  mampu mengembangkandan mengkoreksi kelainan dan keterbatasan yang ada.
Pengertian Pendidikan Jasmani Adapti menurut  ahli :
Menurut  Sheril : Pendidikan jasmani khusus  (adaptif) didifinisikan sebagai sistem penyampaian pelayanan yang komperhensif yang dirancang ntuk mengidentifikasi, dan memecahkan masalah dalam ranah psikomotorik.
Tujuan Pendidikan Jasmani Adaptif
Secara garis besar tujuan pendidikan jasmani ada[tif adalah mewujukan tujuan pendidkan bagi anak berkebutuhan khusus secara baik. Mengutip yang disampaikan Prof. Alma Abdoellah, MSc. Dalam bukunya yang berjudul “Pendidikan Jasmani Adaptif” beliau menyebutkan beberapa tujuan penjas secara mendasar dan menyeluruh.
pengertian penjas adaptifTujuan penjas adaptif menurut Prof. Alma Abdoellah, MSc :
  1.  Untuk menolong siswa mengkoreksi kondisi yang dapat diperbaiki. 
  2.  Untuk membantu siswa melindungi diri sendiri dari kondisi apapun yang memperburuk   keadaannya melalui Penjas tertentu. 
  3.  Untuk memberikan kesempatan pada siswa mempelajari dan berpartisipasi dalam sejumlah macam olahraga dan aktivitas jasmani, waktu luang yang bersifat rekreasi.
  4.  Untuk menolong siswa memahami keterbatasan kemampuan jasmani dan mental.
  5.  Untuk membantu siswa melakukan penyesuaian sosial dan mengembangkan perasaan memiliki harga diri.
  6. Untuk membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan apresiasi terhadap mekanika tubuh yang baik. 
  7. Untuk menolong siswa memahami dan menghargai macam olahraga yang dapat diminatinya sebagai penonton.
Ada Tiga Program Utama Pendidikan Jasmani Adaptif :
           Pendidika jasmani disesuaikan (adapted physical education) pendidikan jasmani secara tradisional yang telah di modifikasi untuk program aktivitas jasmani. Dengan kata lain anak yang berkebutuhan khusus dapat merasa puas dengan kesempatan yang diperoleh untuk aktifitas fisik yang dilakukanyan dengan memodifikasi secara tradisional. ABK diharapkan dapat ikut berpartisipasi namun diharapkan dalam proses pembelajaran tersebut dapat berjalan secara aman. Pendidikan Jasmani Korektif adalah Pendidikan jasmani yang proses pembelajaranya pengacu pada kelainan pada postur dan mekanika tubuh. Dapat dilihat sebagai contoh ketika anak ABK yang mengalami asma memerluka aktivitas jasmani yang berbeda dengan teman yang normal jadi anak dengan penderita asna tersebut dapat dimasukan dalam kelas pendidikan jasmani korektif.  Pendidikan jasmani perkembangan adalah  pendidikan jasmani untuk adanya latihan pada otot besar untuk meningkatkan kemampuan jasmani individu sampai dengan mendekati tingkat kemampuan temanya dan mengacu pada program kebugaran jasmani progresif.
Tag : PENJAS
0 Komentar untuk "Pengertian Pendidikan Jasmani Adaptif"

Back To Top