Asap Pembunuh

Advertisement
SOSIOLOGI OLAHRAGA
OPINI
Batang Asap Pembunuh Mu
            Apakah anda pernah benar benar menyadari ? dengan tulisan yang tertera pada bungkus sebuah rokok.  Apakah anda berfikir itu hanya sebuah tulisan semata ? dan apakah anda benar benar mengerti dan paham yang anda dapat ketika anda merokok ? Rokok telah menjadi komoditas dagang yang sangat tinggi di Indonesia. Pemerintah seperti terperangkap dengan adanya penjualan rokok tersebut yang semakin hari semakin meningkat, disisi lain pajak penerimaan yang diterima pemerintah semakin tinggi dengan meningkatnya penjualan rokok tersebut kerena penyumbang devisa terbesara adalah rokok tersebut. Pemerintah melakukan peningkatan melakukan kenaikan tingkat cukai di Indonesia yang terbukti meningkatan penerimaan negara. 

Penerimaan cukai tembakau meningkat 29 kali lipat dari Rp. 1,7 trilyun menjadi Rp. 49,9 trilyun dari tahun 1990-2008. Ini adalaha salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan penerimaan negara dengan adanya penjualan rokok yang semakin meningkat setiap tahunya. Dan sedikit mengurangi jumlah perokok di Indonesia. Namun banyak pula kebijakan pemerintah yang dirasa enggan menggurangi penjualan rokok tersebut, yaitu kurang seriusnya pemerintah menanggapi wacana pembuatan tempat untuk perokok, jadi para perokok disediakan tempat untuk merokok dan tidak menganggu orang yang tidak merokok, pembuatan ruangan inin memang telah dilakukan seperti di bandara dan hotel bintang lima namun pemerintah tidaka serius dengan kebijakan tersebut, karena pembuatan tempat seperti itu akan diyakinin menggurangi penjualan rokok, ini berarti akan menggurangi penerimaan negara. Pemerintah mengeluarkan kebikana terbarunya untuk mengubah kata – kata yang tercantum dalam rookok, kata – katanya diubah menjadi Rokok Membunuh dan dengan pemberian gambar yang cukup menyeramkan, ini diharapkan akan menggurangi rasa takut pada para perokok terutama para perokok pemula.
Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis penjualan rokok di Indonesia meningkat dengan pesat, banyak fakta – fakta yang menyertainya. Pemilik brand rokok di Indonesia masuk 10 besar orang terkaya di Indonesia bahkan orang terkaya nomor satu di Indonesia adalah sebuah pengusaha pemilik dari Djarum. Mengutip laman liputan6.com yang mengutip laman Forbes, Selasa (4/3/2014), pengusaha rokok Djarum dan perbankan R. Budi Hartono masih memegang gelar orang terkaya di Indonesia tahun ini. Kekayaannya tercatat mencapai US$ 7,6 miliar atau setara Rp 88,4 triliun (kurs: 11.631 per dolar AS).
Rokok benar benar mematikan anda secara perlahan, banyak para ahli yang mengungkapkan dampak jangka panjang merokok akan muncul setelah 25 tahun anda merokok, bayangkan ketiaka anda merokok pada usia 20 tahun dan dampak anada merokok anda akan terasa pada usia anda 45 tahun, bayangkan pada usia tersebut anda menjadi tulang punggung keluaraga mempunyai anak yang ebrsekolah dan memerlukan dana untuk bersekolah dan memerlukan sosok anda untuk membimbingnya namun anda tergolek lemah karena sakit dikarenakan kebiasaan anda merokok. Salah satubahaya rokok adalah rokok memicu kangker dalam tubuh anda. Resiko kematian karena faktor kanker paru-paru dapat 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita yang merokok dibandingkan pada mereka yang bukan tidak merokok. Namun pada sebuah riset menunjukan bahwa seorang yang terkena asap rokok dibanding orang yang merokok 24% lebih beresiko terkena kangker dan penyakit lainya, disini berarti lebih bahaya para perokok pasif yang tidak merokok dibanding dengan perokok  aktif. Jadi bagi anda yang merokok anda berarti menyebar penyebab penyakit kepada orang orang disekitar anda, mungkin bagi keluarga anda orang yang anda sayang, perlahan anda beri penyakit dalam tubuhnya. Selain menyebabkan kanker merokok juga dapat menyebabkan penyakit pada pernapasan anda, sebuah penelitian menunjukan bahwa 90% kasus orang meninggal karena penyakit paru-paru adalah seorang perokok.
 Selain paru paru organ lain yang terserang adalah jantung, kebanyakan perokok tidak paham bagaimana hubungan merokok dengan penyakit jantung. Merokok dapat menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi seperti ini merupakan penumpukan zat lemak pada arteri, lemak dan plak memblok aliran darah serta dapat membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras dan tekanan ekstra yang pada akhirnya menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika salah satu arteri atau bahkan lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung mungkin dapat terjadi. Semakin banyak rokok yang telah dihisap dan semakin lama seseorang tersebut merokok, semakin besar pula kesempatan untuk mengembangkan penyakit jantung atau stroke. Hal tersebut baru sebagian dampak bagi kesehatan anda masih banyak dampak negatif unttuk kesehatan anda.
Pemerintah harus lebih serius membuat kebijakan untuk menggurangi meningkatnya perokok aktif di Indonesia dengan kebijakan – kebijakan yang tepat dan tegas. Pemerintah dapat berupaya mengurangi hal tersebut melalui dunia pendidikan, dalam hal ini bisa pembekalan kepada tenaga pendidik mengenai bahaya rokok dan guru juga garus bertindak sebagia contoh bagi para peserta didik, ataupun pemerintah dapat berupaya dengan memasukan ke dalam mata pelajaran mengenai bahaya rokok untuk kesehatan untuk paling tidak meggurangi sedikit perokok dan memberi kesan untuk para perokok pemula yang umumnya adalah seorang pelajar. Disini berarti pendidik berperan penting dalam hal ini pendidik dituntut aktif dalam menyeslesaikan persoalan ini, pendidik harus mempunyai wawasan yang luas dalam bahaya atupun pengetahuan tentang rokok untuk dapat disosialisasikan kepada peserta didiknya.
Kebijakan pemerintah harus jelas, Kebanyakan saat ini banyak kebijakan pemerintah yang dirasa masih mengambang dan dirasa ragu dalam memutuskanya, contohnya kebijkan pemerintah mengenai kewajiban fasilitas umum mempunyai ruangan bagi perokok, ini memeang sudah ada namun hanya sebagian kecil saja yang melaksanakan, pemerintah seharusnya bertindak lebih tegas dalam hal tersebut, karena pembuatan ruangan tersebut tidak hanya akanmenjaga orang yang tidak merokok tidak terkena asap rokok namun disisi lain pasti penjualan dari rokok akan lebih menurun dan semakin menurun, pembuatan ruang bagi perokok diyakini sangat efektif menurunkan penjualan rokok, dan hanya dibolehkan merokok ditempat yang telah disediakan di saat berada di lingkungan umum. Pendidik menjadi poros perubahan dalam masalah ini, bahkan banyakpara guru yang merokok dalam lingkungan sekolah, ini banyak diterjemahkan oleh benyak peserta didik menjadi sesuatu hal yang biasa dilakukan, ini membuat merokok selalu meningkat dikalangan pelajar, bahkan banyak dari guru penjas mereka yang melakukanya, bahkan saat mengajar penjas, ini membuktikan  asih banyak peran pendidik yang belum dipahami betul oleh para pendidik tersebut, para peserta didik sering mengadopsi tingkah laku yang dilakukan oleh gurunya, tingkah laku ini sangat negatif jika tidak disadari akan menjadi kebiasaan bagi sebagian guru di Indonesia yang akan merusak masa depan sebagian anak bangsa ini.
Lingkungan dengan kualitas udara yang baik akan menjadikan kualitas hidup lebih baik, dalam asap rokok terdapat partikel partikel yang sangat buruk untuk kesehatan tubuh anda, dengan berperan aktif menurunkan perokok aktif dan menurunkan angka penjualan rokok di indonesia berarti anda sudah melakukan sesuatu hal yang benar untuk kehidupan anda sendiri dan orang lain. Kita bertanggung jawab atas kesehatan keluarga kita, jika ada seorang perokok coba ingatkanlah, paling tidak anda sudah melakukan sesuatu yang benar. Kesehatan adalah investasi bagi diri anda, jika anda tidak mau menjaganya dan merawatnya sama halnya anda menghancurkan sesuatu yang berharga di masa yang akan datang pada diri anda sendiri pada tubuh anda sendiri. Bagsa indonesia akan maju ketika rakyatnta sehat jadi tidak ahn ya pemerintah yang bertanggungbjawab atas kejadian ini. Kitapun bertanggung jawab atas hal tersebut untuk menjadikan bagsa kita menjadi bangsa yang sehat dan bagsa yang maju kedepanya.
           





Tag : INFO
0 Komentar untuk "Asap Pembunuh"

Back To Top