Olahraga Untuk Wanita dan Lansia

Advertisement
Olahraga Untuk Wanita dan Lansia
Olahraga tidak hanya dikhususkan untuk para laki-laki semata, namun olahraga telah berkembang menjadi gaya hidup yang baik, khususunya untuk para wanita berolahraga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan wanita.  
Adapun manfaat berolahraga untuk wanita adalah sebagai berikut :
1.       Meningkatkan rasa percaya diri
Dengan berolahraga secara teratur rasa percaya diri pada seorang wanita akan meningkat karena beberapa keuntungan yang didapat dengan berolahraga untuk kesehatan wanita antara lain :
-          Membuat tubuh tetap ideal. Jadi dengan berolahraga secara teratur berat badan kita akan terkontrol dalam keadaan ideal dan meningkatkan rasa percaya diri.
-          Mencegah penuaan pada kulit.
olahraga untuk wanitaDengan berolahraga kondisi kulit kita akan terjaga karena dengan berolahraga produksi kolagen yang akan menurun pada usia diatas 30 ana dapat sedikit terbantu untuk memproduksi kolagen dalam jumlah yang lebih, kolagen berfungsi mempertahankan kondisi kulit tetap dalam keadaan baik.
-          Kerja hormon yang ada dalam tubuh seorang wanita akan cenderung lebih normal daripada kerja hormon seorang wanita yang jarang berolahraga, hal ini berhubungan dengan menstruasi pada wanita. Sedikit kasus wanita yang rutin berolahraga akan mengalami rasa nyeri yang sangat pada saat menstruasi, sedangknn wanita yang jarang berolahraga akan lebih banyak mengalami rasa nyeri, ini berhubungan dengan sistem hormonal dalam tubuh wanita.
2.       Mencegah wanita dari stres
Dengan berolahraga pengeluaran hormon endorfin dapat berjalan, hormon ini membantu seorang seseorang untuk menhadapi keadaan stres.

Latihan/olahraga  yang baik untuk wanita.
Banyak olahraga yang baik untuk wanita terutama senam ataupun yoga, yang sering menjadi kebiasaan wanita pada saat ini namun tidak disadari dari kebanyakan wanita bahwa olahraga dengan latihan beban sangant bermanfaat untuk kesehatan seorang wanita, olahraga beban yang identik dengan seorang laki-laki faktanya mempunyai banyak manfaat terutama bagi peremuan yang memasuki masa menopause yang akan terjadinya penurunanpenyerapan kalsium yang akan menganggu kepadatan tulang pada wanita yang berakibat osteoporosis, dengan latihan beban akan membantu seorang wanita akan tetap terjaga kepadatan tulangnya.

Manfaat olahraga bagi lansia
Banyak olahraga yang dikhususkan untuk lansia karena dengan berolahraga seorang lansia mendapatkan banyak manfaat antara lain :
1. Melancarkan sirkulasi darah, karena sistem kerja organ pada lansia akan menurun terutama organ jantung yang berfungsi  mengedarkan dara ke seluruh tubuh. Dengan berolahraga sirkulasi darah akan tetap terjaga karena jantung kita akan terlatih untuk tetap bekerja.
2.   Menurunkan tekanan darah.
3.   Mencegah pengeroposan tulang.
4.   Memperkuat otot.
5.   Menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.
6.   Menaikan kolesterol baik dalam tubuh.
7.   Membakar lemak agar terhindar dari obesitas.
8.   Mencegah kepikunan, banyak olahraga untuk lansia yang mencehgah kepikunan seorang lansia salah satunya dengan senam lansia.
9.   Mengurangi stres bagi para lansia dengan berolahraga.

Olahraga tidak hanya untuk para kaum laki – laki semata namaun olahraga juga dapat dilakuan oleh seorang wanita dan lansia namun pelaksanaan olahraga haruslah benar, sebelum berolahraga perhatikan tujuan berolahraga anda dan atur frekuensi, intensitas , time dan type dalam berolahraha sehingga anda mendapatkan hasil yang maksimal dalam berolahraga sesuai tujuan anda berolahraga, selamat berolahraga  bagi kaum hawa :D


Tag : OLAHRAGA
0 Komentar untuk "Olahraga Untuk Wanita dan Lansia"

Back To Top