FIK UNY Unggul dan Berprospek Tinggi

Advertisement
FIK UNY Unggul dan Berprospek Tinggi
Oleh : prayogi                                                                                                                 
                  Sejarah singkat mengenai Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta . FIK UNY dimulai dengan Keputusan Menteri PD & K nomor 6216/B tanggal 9 Agustus 1950 tentang pendirian Akademi Pendidikan Djasmani (APD) dipimpin oleh W de Baan, dan AR. Tampenawas. Akademi ini menjadi Jurusan Pendidikan Jasmani dari bagian Pedagogik pada Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat, Universitas Gadjah Mada pada tanggal 1 Oktober 1951. Tanggal 19 September 1955, Bagian Pedagogik Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat UGM berubah menjadi FIP  yang memiliki Bagian Pendidikan dan Pendidikan Jasmani. Fakultas Ilmu Pendidikan UGM berubah menjadi FKIP  UGM pada tanggal 1 September 1961. Tanggal 1 September 1962, Jurusan Pendidikan Jasmani FKIP UGM berkembang menjadi FPD UGM.
sarana sarana yang ada dalam fik uny
                 FPD UGM berkembang menjadi STO Yogyakarta. berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 23 tahun 1963. Tanggal 22 Februari 1977, STO Yogyakarta berintegrasi dengan IKIP Yogyakarta menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan IKIP Yogyakarta. FKIK berganti nama menjadi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP Yogyakarta pada tahun 1981.
                 IKIP menjadi Universitas, maka IKIP Yogyakarta menjadi Universitas Negeri Yogyakarta. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan sebagai bagian dari IKIP Yogyakarta berganti nama menjadi FIK UNY. Akhirnya dalam kesempatan reuni FIK 2007 ini dihasilkan kesepatakan antara pelaku sejarah di FIK, bahwa berdirinya FIK UNY ditetapkan pada tanggal 1 Oktober 1951.              
               Fakultas ini banyak disebut sebagai kampus kuning. Dari tahun ke tahun peminat untuk menjadi mahasisiwa fakultas ilmu keolahragaan ini semakin meningkat,  pada tahun 2012 saja untuk persaingan melalui jalur snmptn untuk jurusan PJKR mencapai  1 berbanding  15, itu belum jurusan lain seperti  PGSD penjas yang perbandinagannya mencapai  1  berbanding  20 serta prodi-prodi yang lain yang tak kalah ketatnya seperti  PKO dan IKORA.  Ini membuktikan FIK UNY telah dipercaya oleh masyarakat.
               FIK UNY jelas menempati peringkat teratas dalam rangking fakultas olahraga yang ada di Indonesia, Keunggulan yang jelas terlihat adalah sarana dan prasarana yang ada di FIK UNY  yang  tidak dimiliki oleh fakultas olahraga dari univesitas lain. Sarana prasarana yang dimiliki FIK UNY antara lain Gor UNY yang asetnya lebih dari 6 milyar, kolam renang  yang bertaraf internasional,  stadion sepakbola dengan lintasan  atletik bertaraf internasional, indor tenis, outdoor tenis, hall tenis meja, hall bulutangkis, lapangan voli pantai, lapangan sepak takrau, lapangan bola basket, lapangan panahan, fitnes center, hall senam,  wisma olahraga. Berbagai fasilitas pendukung  pembelajaran tersebut sangat berguna untuk menciptakan lulusan  yang berkompetensi tinggi.
              Keunggulan fakultas ini tidak hanya terlihat dari sarananya semata. Pada saat Ujian Kompetensi Guru dilaksanakan, hasil tingkat kompetensi guru di jogja menempati peringkat teratas dalam hasil UKG begitu pula para guru olahraga di Jogja mencapai hasil teratas dibanding daerah lain, karena mayoritas guru di Jogja adalah lulusan UNY dan guru olahraga juga berasal dari FIK UNY. Ini membuktikan lulusan FIK Uny mempunyai kompetensi yang tinggi dibidangnya.
             Keunggulan juga terlihat dari segi prestasi olahraga. Bisa dibilang kampus ini adalah gudangnya para atlet dari atlet daerah sampai atlet nasional yang mewakili nama Indonesia ada dalam fakultas ini. Prestasi para mahasiswa dalam bidang olahraga tidak perlu ditanyakan lagi. Banyak atlet yang menyumbang medali untuk Indonesia dalam Sea Games 2012  dan dalam kejuaraan – kejuaraan lainya. Pada tahun – tahun lalu UNY berhasil menjadi peringkat pertama dalam POMNAS. Bahkan UNY dan FIK khususnya akan menjadi tuan rumah POMNAS dan POMASIA pada tahun 2013.
                          Selain prestasi dalam bidang olahraga fakultas ini juga mempunyai keistimewaan di banding dengan fakultas yang lain. Di dalam struktur kepemimpinan organisasi dalam fakultas ini terdapat kepala jurusan termuda, wakil dekan termuda, bahkan pada tahun 2003 beliau Drs. Sumaryanto M.Kes. yang kini menjabat sebagai Wakil Rektor 3 menjabat sebagai dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan sebagai dekan termuda se indonesia dengan usia 38 tahun.
             Dengan berbagai prestasi tersebut kami keluarga besar  Fakultas ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta akan terus berjuang  untuk menjadikan bangsa ini lebih maju kedepanya tentunya melalui jalur olahraga. Olahraga untuk sehat. Salam Sportif. Salam Olahraga !
 Prayogi setyo wicaksono
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Universitas Negeri Yogyakarta
Tag : INFO
0 Komentar untuk "FIK UNY Unggul dan Berprospek Tinggi"

Back To Top