Perbaiki Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Jasmani

Advertisement


Perbaiki Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Jasmani

Moralitas bangsa yang semakin menurun saat sungguh sanggat menghawatirkan. Penurunan ini nyata terlihat dan tidak hanya omongan semata, penurunan moralitas bangsa ini terjadi di berbagai elemen dari pemimpin-pemimpin bangsa ini sampai elemen terbawah sekali pun. Para pemimpin bangsa yang seharusnya menjadi seorang pemimpin untuk menjadikan bangsa ini lebih baik dalam era sekarang banyak dijumpai para pemimpin lembaga-lembaga negara yang melakukan perbuatan melanggar norma – norma yang ada, dari korupsi, perselingkuhan, seorang yang seharusnya menjadi contoh dalam masyarakat namun tidak dapat menjadi contoh yang baik dalam masyarakat dan dalam era sekarang hanya sedikit seorang yang benar-benar dapat dijadikan seorang tauladan.
Dunia pendidikan yang banyak diharapkan berperan ternyata juga belum maksimal. Banyak fenomena saat ini dalam dunia pendidikan yang mencederai dunia pendidikan itu sendiri, contohnya banyak beredarnya ijasah palsu ahir-ahir ini, terjadinya pelecehan seksual yang dilakukukan oleh pendidik itu sendiri dan mansih banyak lainnya ini membuktikan bahwa dalam dunia pendidikan itu sendiri yang menjadikan harapan untuk memperbaiki keadaan ini nampaknya masih jauh dari harapan kita.

     Pendidikan jasmani dapat menjadi solusi pemecahan masalah menurunya  moralitas bangsa saat ini, walau melalui jalur pendidikan juga namun pendidikan jasmani mempunyai lebih banyak nilai positifnya di mata para peserta didik, pengertian pendidikan jasmani sendiri ialah adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas jasmani yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organik, neuromuskuler, perseptual, kognitif, dan emosional, contoh manfaat pendidikan jasmani secara aspek sosial ialah  mampu mengembangkan kepribadian, sikap, dan nilai agar dapat berfungsi sebagai anggota masyarakat,  mampu mengembangkan rasa memiliki dan rasa diterima di masyarakat. Dalam pendidikan jasmani terdapat olahraga pendidikan dan pendidikan olahraga. Indonesia pendidikan jasmani tidak hanya semata hanya olahraga pendidikan semata dalam pengajaran ,namun juga terdapat pendidikan olahraga, dalam pembelajaran pendidikan jasmani juga disisipkan pola kepelatihan dalam pendidikan jasmani yang perbedaan nyata dalam olahraha pendidikan ialah tujuannya olahraga pendidikan bertujuan untuk mendidik peserta didik namun pendidikan olahraga bertujuan untuk melatih. Namun dalam pendidikan olahraga itu terselipkan nilai-nilai seperti sportifitas, tanggung jawab, percaya diri, kepemimpinan yang nilai-nilai seperti ini sangatlah berguna untuk terjun dalam masyarakat, pemaksimalan pendidikan jasmani dan tentunya lebih memaksukan nilai-nilai dalam proses pembelajaran, sehingga terciptalah generasi penerus bangsa yang mempunyai sikap yang mencerminkan manusia seutuhnya dan ahirnya menjadikan indonesia ini lebih baik. Salam Olahraga !

Prayogi setyo wicaksono
12601241066
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY
Tag : PENJAS
0 Komentar untuk "Perbaiki Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Jasmani"

Back To Top