MENGGALI LEBIH DALAM SEPAKBOLA

Advertisement

  • MENGGALI LEBIH DALAM SEPAKBOLA


    Oleh: Ridwan Maulana/12601241076/PJKR B’12/UNY
    Sepak bola adalah permainan kolektif, sehingga di butuhkan sebuah kerjasama yang baik untuk menciptakan kemenangan. Sehebat apapun seorang striker kalau tidak ada umpan bola dari pemain lainnya tidak akan pernah terjadi Gool, jadi permainan bola intinya adalah kerjasama team. Dalam kehidupan yang sesungguhnya kita juga tidak akan pernah bisa hidup sendirian, dan selalu akan membutuhkan orang lain, sehingga sebagai manusia kita disebut dengan mahluk sosial. Namun apabila kita lihat fungsi sebagai mahluk sosial kian hari kian berkurang dan seringkali kita terjebak dengan egoisme dan cenderung menonjolkan individu sentris, sehingga tidak sadar bahwa sesungguhnya ada orang lain dibalik keberhasilan kita.

    mengenal lebih sepakbolaDalam sepakbola, terdapat sebelas pemain yang memiliki tugas yang berbeda- beda. Ada kiper, pemain belakang, pemain tengah, dan pemain depan. Tugas kiper adalah menjaga gawang agar tidak kemasukan gol, pemain belakang juga membantu kiper untuk menjaga pertahanan agar tidak kebobolan. Sementara pemain tengah tugasnya adalah memberi umpan kepada striker agar bisa mencetak gol ke gawang lawan. Sementara itu, tugas striker tidak lain adalah mencetak gol. Walaupun dari sebelas pemain di lapangan sudah mempunyai tugas masing- masing, akan tetapi kalau antar pemain tidak saling membantu kerjasama tidak akan terjalin dengan baik sehingga akan ada celah dalam tim tersebut. Jadi tugas sebenarnya dalam permainan sepakbola adalah saling membantu dan saling mengisi. Dengan begitu maka akan terbentuklah tim yang kuat dan soulid. Pada kehidupan yang nyata kita juga dirancang untuk selalu membutuhkan satu sama lainnya, sesuai dengan tujuan penciptaan manusia sebagai rahmatan lil alamin. Agar kita mampu menjadi khalifatullah fil ardh (pemimpin di muka bumi) diperlukan sebuah kerja kolektif antar sesama manusia dan lingkungannya. Sama dalam kita berorganisasi atau bermasyarakat kita dituntut untuk bisa saling membantu dan saling mengisi. Dengan begitu maka akan terbentuklah suatu organisasi yang sempurna.
    Dalam sepakbola juga terdapat seorang pemimpin pertandingan yang disebut wasit. Wasit haruslah seorang yang tentunya dengan ilmunya dia mengetahui peraturan sepakbola. Selain mengetahui peraturan sepakbola, wasit juga haruslah orang yang tegas,adil, dan bijaksana. Dengan memenuhi kriteria tersebut, maka pertandingan akan berjalan dengan baik dan tidak ada tim yang dirugikan. Akan tetapi pada kenyataanya, wasit sering kali kontrofersial dan pendapatnya berat sebelah atau kurang adil. Kita tidak usah jauh- jauh melihat ke luar negri, di indonesia saja banyak terjadi ketidakadilan wasit yang mengakibatkan kerugian pada salah satu tim yang berlaga. Hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya mafia- mafia bola yang berkeliaran membayangi persepakbolaan negri kita ini. Dalam pengaplikasian kedalam kehidupan juga haruslah mempunyai pemimpin yang tegas, adil, dan bijaksana. Dengan mempunyai pemimpin yang tegas, adil, dan bijaksana negara kita ini tidak akan tambah carut marut seperti ini.
    Semoga generasi Indonesia kedepanya lebih baik dari yang ada sekarang ini dan bisa menjadi pemimpin yang sempurna untuk Indonesia, salam olahraga!
Tag : OLAHRAGA
0 Komentar untuk "MENGGALI LEBIH DALAM SEPAKBOLA"

Back To Top