Pemanasan Pendidikan Jasmani Dengan Bermain dan Konvensional

Advertisement
Pemanasan  Penjas Dengan Bermain dan Konvensional. Pendididkan jasmani merupakan pendidikan dengan media gerak untuk proses pembelajaranya. Tujuan dari pembelajran jasmani tidak dapat terpisah dengan tujuan pendidikan nasional secara umum yaitu intinya adalah memanusiakan manusia. Dengan media gerak banyak hal yang dapat dipelajari, namun dengan berkembangnya jaman dan berkembangnya ilmu pengetahuan pendidikan jasmani banyak tidak mengalami perkembangan contohnya dengan model pemanasan. Model pemanasan konvensional yang sering dilakukan guru pendidikan jasmani memang mempunyai berbagai manfaat namun banyak sisi negatif jika dilakukan pada jaman sekarang dengan perkembangan mental peserta didik dll. Pemanasan dengan cara konvensional adalah pemanaasan yang dilakukan oleh para tentara jepang pada saat itu, tentunya gerakan-gerakan apakah sesuai jika dilakukan oleh para siswa. Contoh gerakan pemanasan konvensional yang yang kurang sesuai dengan anatomy tubuh :
  1. Memutar-mutar leher dan sendi leher, pada leher belakang terdapat syaraf-syaraf yang sangat pentiing bbagi tubuh kita, sangatlah berbahaya jika melakukanya dengan tanpa pengawasan yang intensif.
2. Memutar-mutar lutut, apakah sendi lutut adalah sendi putar ? Sendi pada lutut bukanlah sendi putar, pergerakan sendi yang bukan kemampuan sendi untuk menopangnya dengena pergerakan yang terus menerus dapat menyebabkan kerusakan sendi seperti ostreokritsi dll.
Untuk lebih jelasnya baca juga artikel terkait Difinisi Penjas Menurut Ahli
Pemanasan dengan model permainan sesuai dengan perkembangan mental siswa dan mempunyai berbagai manfaat di dalamnya. Apa saja manfaat dari melakukan pemanasan dengan model permainan .
1. Meningkatkan minat siswa terhadap proses pembelajaran yang akan dilakukan, sehingga siswa antusias mengikuti proses pembelajaran sesudah melakukan pemanasan.
2. Badan siswa lebih siap untuk menerima materi yang akan diberikan, tentunya dengan model pemanasan yang sesuai dengan materi yang akan diberikan, gerakan dalam pemanasan bermain sama dengan otot otot yang akan digunakan saat materi yang akan diberikan.
Pendidikan jasmani memilik banyak manfaat cek Manfaat Pendidikan Jasmani 
Tag : PENJAS
1 Komentar untuk "Pemanasan Pendidikan Jasmani Dengan Bermain dan Konvensional"
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Back To Top