Menjaga Kesehatan Ginjal

Advertisement
Menjaga Kesehatan Ginjal merupakan suatu kewajiban bagi semua orang. Menjaga ginjal merupakan sesuatu hal yang mudah untuk dilakukan dikarenakan menjaga ginjal agar tetap sehat hanyalah menjaga pola hidup yang sehat. Banyak orang berfikir kalau ginjal ini tidak terlalu berbahaya jika bermasalah, banyak orang beranggapan orang dalam yang berbahaya jika bermasalah hanyalah organ jantung, Pendapat tersebut sangatlah salah, Mengapa anda perlu menjaga organ organ dalam tubuh anda terutama ginjal anda  ? Ginjal adalah organ untuk menyaring zat-zat yang telah tidak terpakai (zat buangan atau sampah/limbah) yang merupakan sisa metabolisme tubuh. Yang perlu anda ketahui adalah “ginjal berfungsi memproses sekitar 200 liter darah untuk disaring dan menghasilkan sekitar 2 liter limbah dan ekstra cairan yang berlebih dalam bentuk urin”, yang mengalir ke kandung kemih melalui saluran yang dikenal sebagai ureter. Urin tersebut akan disimpan di kandung kemih yang akan dikeluarkan dan saat itulah anda merasakan untuk buang air kecil. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat menjaga kesehatan ginjal anda yang mungkin jarang anda sadari:
1. Cek Kondisi Air Minum Anda
Air minum terutama air putih sangatlah penting bagi kesehatan tubuh anda terutama kesehatan pada ginjal, namun mengkonsumsi air putih yang kurang baik secara berkala akan menimbulkan nmasalah pada ginjal kita, dalam kandungan air terdapat berbagai mineral didalamnya baik yang bermanfaat untuk tubuh ataupun tidak, tetapi yang berbahay adalah jika kandungan dalam air terdapat kandungan yang berbahaya seperti besi, zeng dll. Jadi dalam emilih dan mengkonsmi air baik untuk memasak dan minum haruslah berhati-hati.
2. Konsumsi Air Putih Secara Teratur
Taukah anda bahwa di dalam tubuh manusia sebagiannya adalah air. Jadi air yang baik sangatlah bermanfaat untuk tubuh, Lalu seberapa banyak gelasair yang harus di minum agar ginjal kita tetap terjaga ? Untuk setiap  harinya anda harus meminum 8 gelas. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup kerja ginjal akan lebih ringan dan sirkulasi kerja ginjala akan lebih baik. Untuk mendapatkan ginjal yang lebih sehat cobalah minum air putih sesegera setelah anda terbangun tidur pada pagi hari.
3. Berhati-hati Mengkonsumi Suplemen
Banyak kasus gagal ginjal di alami oleh para altet. Hal ini di indikasi oleh kebiasaan sebagian para atlet untuk mengkonsumsi suplemen tenaga dikarenakan seorang atlet membutuhkan kerja yang keras, namun mengkonsumsi suplemen tersebut secara teratur dapat membuat resiko kesehatan ginjal kita menurun.
4. Berolahraga
Sudah banyak sumber megatakan pentingnya olahraga, manfaat olahraga, namun sangatlah sulit bagi sebagia orang yang memiliki keterbatasan waktu, anda bias memanfaatkan ruang kerja dan waktu luang saat kerja anda untuk sedikit berlatih untuk berolahraga. Dengan berolahraga sirkulasi darah ke jantung, sirkulasi okgsigen ke paru, proses ekskresei, sekresi dalam tubuh akan bekerja lebih baik, dan proses sirkulasi dalam ginjal bekerja maksimal dan lebih ringan.
MENJAGA KESEHATAN GINJAL
5. Katakan Tidak Untuk Alkohol  
Selaian dilarang oleh agama, yag memaluk agama islam. Alkohol secara ilmiah telah banyak diteliti dan hasilnya adalah lebih memiliki keburukan ketimbang kebaikan bagi tubuh. Seseorang yang minum alcohol akan 2 kali lebih besar terkena gagal ginjal ketimbang orang yang tidak mengkonsumsi alcohol.
6. Periksa Ginjal
Melakukan check up secara teratur sangatlah berguna untuk meng kondisi tubuh Dengan melakukan medical check up anda akan lebih mengetahui kondisi real dari tubuh anda. Sehingga anda dapat mengkontrol apa yag harus anda konsumis da nap yang harus anda lakukan.
Itulah beberapa tips untuk menjaga ksehatan pada organ ginjal anda. Lebih baik mencegah dan menjaga daripada menyesal kemudian hari.


Tag : KESEHATAN
1 Komentar untuk "Menjaga Kesehatan Ginjal"
This comment has been removed by a blog administrator. - Hapus

Back To Top