HATI – HATI, MINUM TEH SETELAH MAKAN BERBAHAYA

Advertisement

HATI – HATI, MINUM TEH SETELAH MAKAN BERBAHAYA

Bahaya minum teh setelah makan, memang paling enak setelah makan adalah minum es yaitu es teh, kebanyakan kebiasaan masyarakat, namun ternyata kebiasaan ini dapat berbahaya menurut para ahli, para ahli banyak mengungkapkan fakta yang cukup mengejutkan mengenai minum teh setelah makan,saya mengetahui ini sih setelah saya mendapat matakuliah gizi olahraga, dan ternyata tidak baik.Dampaknya adalah sebagai berikut :
Minum teh paling tidak sejam sebelum atau setelah makan akan mengurangi daya serap sel darah terhadap zat besi sebesar 64 %. Pengurangan daya serap akibat teh ini lebih tinggi daripada akibat sama yang ditimbulkan oleh minum segelas kopi setelah makan. Kopi mengurangi daya serap hanya 39 %.

Pengurangan daya serap zat besi itu diakibatkan oleh zat tanin dalam teh. Selain mengandung tanin, teh juga mengandung kafein, polifenol, albumin, dan vitamin. Tanin bisa mempengaruhi penyerapan zat besi dari makanan terutama yang masuk kategori heme non-iron, misalnya padi-padian, sayur-mayur, dan kacang-kacangan.


BAHAYA MINUM TEH SEBELUM MAKAN
Menurut dosen saya ketika kita makan dengan porsi makanan plus satu gelas teh maka kandungan zat besi yang kita serap hanya setengah dari porsi makanan, padahal kebiasaan ini telah menjadi kebiasaan masyarakat terutamamasyarakat  indonesia.
Menurut Dr. Rachmad Soegih, ahli gizi dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, zat tanin itu sendiri memang menghambat produksi hemoglobin. Kalau memang mau menghindari teh dan mendapatkan banyak zat besi, sebaiknya teh digantikan air jeruk sebagai peneman makan.

“Makan nasi pecel dengan jeruk memperbesar penyerapan zat besi bila dibandingkan dengan minum es teh”
 mengapa demikian ? karena Vitamin C dapat memperbesar kerja penyerapanzat besi oleh tubuh

Dengan fakta ini apakah teh diharamkan untuk diminum ? itu salah besara karena kandungan teh juga mempunyai kandungan yang positif untuk tubuh kita. Namun ada beberapa cara minum teh agar kita terhindar dari resiko minum teh diatas.
 Teh akan berefek baik bagi tubuh bila dikonsumsi pada pagi dan sore, disertai karbohidrat dan protein, misalnya roti dan biskuit, namu jika kebiasaan setelah makan minum teh dapat disiasati dengan pemberian jeda mionyum teh setelah makan, mungkin bisa diberi jeda aetengah jam sampai satu jam. Karena dalam waktu jeda ini digunakan untuk proses pencernaan agar pada proses pencernaan ususu 12 jari sudah bekerja dan sudah menyerap kandungan pada makanan yang kita makan.


Tag : INFO
1 Komentar untuk "HATI – HATI, MINUM TEH SETELAH MAKAN BERBAHAYA"

Back To Top