Tips Lulus Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI)

Advertisement
Tips Lulus Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI)
Agar berhasil dalam tes kesegaran jasmani idonesia  ada beberapa tips, tips ini juga bisa digunakan oleh para pelamar TNI karena prinsip tes tkji  dengan kesemaptaan jasmani hampir sama prosedural tesnya. Dalam tes tkji ada 6 item tes yang harus anda latih namun serangkain tes ini sebenarnya saling berhubungan, disini akan saya jelaskan satu persatu untuk melatihnya agar anda lulus dalam tes, sedikit info saya juga lulus dalam tes tkji ketika saya mencoba masuk ke tni dan ketika saya mendaftar kefakultas ilmu keolahragaan UNY, ternyata setelah mengetahui tabel hasil tes saya sangat tinggi. Dibawah salah satu contoh tabel hasil tes tkji secara keseluruhan setelah penjumlahan hasil 6 item tes. Saya mendapat jumlah 23 dalam snmptn,lumaya kan ?didini saya akan berbagi resep agar lulus dalam tes kesegaran jasmani indonesia.

NORMA TES KESEGARAN JASMANI INDONESIA
(Untuk Putera dan puteri)

No
Jumlah nilai
Klasifikasi Kesegaran Jasmani
1.
22 – 25
Baik sekali          ( BS )
2.
18 – 21
Baik                    ( B )
3.
14 – 17
Sedang                ( S )
4.
10 – 13
Kurang                ( K )




Tahapan tes :
1.      Lari 50/ 60 meter
Dalam lari jarak pendek ini yang perlu ditingkatkan adalah kemampuan kecepatan kaki reflek dan kemampuan dasar tubuh dalam menopangnya, kenapa tadi saya mengatakan sebenernya setiap item tes saling berhubungan karena latihan yang dibutuhkan sangat saling berhubungan, dalam lari jarak pendek juga dibutuhkan yang  pertama . kemempuan dasar otot jadi latihan seperti push up,sit up back up sangat penting untuk memperoleh kecepatan yang diinginkan, karena yang dihitung adalah waktu tercepat yang mendapat nilai baik. Kedua ini sangat penting anda harus latihan kecepatan kaki dengan latihan beban dan dengan latihan meningkatkan power dan kecepatan kaki dengan menggunakan sudut jalan yang curam seperti pegunungan atau sering disebut latiha hill repeat untuk lebih jelasnya anda dapat menggunjungi CARA MENINGKATKAN KECEPATAN KAKI atau bisa juga dengan latihan lari interval atau dengan nama lain HIIT.
2.      Pull Up selam 6 detik
Bagaimana latihan pull up ? tanpa anda sadari otot perutlah yang berpengaruh sangat besar dalam pill up ini selain tangan atupun lengan, untuk latihan yang harus anda lakukan adalah push up dan sit up dan cor secara berkesinambungan dengan memperhatikan prinsip VIT , kebanyakan kesalahan teman-teman saat berlatih adalah prinsip itu karena anda push up tiap hari hanya melakukan 50 x tapi dengan prinsip ini dibanding denagan orang yang melakukan push up sekuatnya tanpa ada prinsip frekuensi, intensitas adalah nol besar. Untuk yang belum kuat laukukanlah seperti ini


lulus tes fisik


Tak perlu memaks untuk naik jika belum kuat, anda hanya perlu mengandu
L selama 1 menit dan terus diulang sampai otot anda kuat untuk naik serambi anda latihan push up. Sit up.
3.      Sit Up
Untuk melatih sit up lakukanlah latihan denagan memperhatikan prinsip VIT, anda akan cepat merasakan hsilnya jikaanda memperhatikan prinsip itu.
4.      Vertikal Jump
Saya memperoleh skor tertinggi dalam vertikal jump ini, tidak ada latihan khusus hanya saya melakukan latihan hill repeat seperti diatas untuk menunjang lompatan saya.
5.      Latihan lari 800/1000 meter
Untuk lari ini sebenarnya anda akan mendapat hasil baik jika anda sudah berlatih seperti latihan diatas namun jika anda ikin latihan daya tahan silahkna pelajari LATIHAN DAYA TAHAN OTOT DAN KARDIOVASKULAR



Tag : OLAHRAGA
0 Komentar untuk "Tips Lulus Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI)"

Back To Top